Festival Museum Nusantara

BEKASI, KOMPAS.com — Manajemen Taman Mini Indonesia Indah atau TMII menggelar Festival Museum Nusantara 2010 untuk membantu melestarikan budaya Indonesia dan menyambut Tahun Kunjung Museum 2010.

Manajer Informasi TMII J Purnawijaya Alibasa di sela-sela kegiatan pembukaan festival yang berlangsung sepanjang 2010, Jumat (8/1/2010), mengatakan bahwa TMII sebagai wahana rekreasi yang memiliki museum terbanyak dan terbesar merasa perlu melaksanakan kegiatan festival yang memiliki banyak manfaat dalam mendorong masyarakat untuk gemar berkunjung ke museum.

“Pemerintah pada 30 Desember 2009 mencanangkan Tahun Kunjung Museum. Kami mengaplikasikannya dengan melaksanakan festival museum nusantara,” ujarnya didampingi Jerry Lahama, humas TMII.

Purnawijaya menyatakan, bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan masyarakat yang terlihat melalui aspek budaya, radisi, adat istiadat, upacara, kesenian, dan benda-benda budaya yang dihasilkan sebagai warisan budaya yang tak ternilai.

Museum merupakan media universal untuk pelestarian, pengenalan, dan pembelajaran warisan budaya sekaligus sarana rekreasi edukatif sehingga perlu didorong agar mampu melayani masyarakat secara memadai.

“Museum merupakan wahana yang memiliki peran strategis terhadap penguatan identitas masyarakat dan bangsa,” ungkapnya.

Melalui festival tersebut, menurut Purnawijaya, masyarakat dan pengunjung dapat menimba pengalaman, pengetahuan, dan informasi menarik sekitar kehidupan sebagai wujud kebudayaan dari masa lalu, kini, dan menjadi inspirasi pada masa depan.

Program Festival Museum Nusantara yang didukung 17 museum dan anjungan daerah di TMII dengan berbagai kegiatan itu ditujukan untuk meningkatkan pengunjung, khususnya siswa sekolah, ke museum.

“Kami berkeinginan meningkatkan apresiasi dan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya bangsa Indonesia yang masih bertahan, termasuk hasil karya, tradisi, sampai pada pengenalan adat istiadat,” ujarnya.

Festival tersebut akan diisi berbagai kegiatan menarik, antara lain pameran, bengkel kerja, lomba, seminar, talk show, bedah buku, dan hiburan.

Selama festival berlangsung, manajemen memberikan potongan harga tiket masuk hingga setengahnya dalam upaya meningkatkan kunjungan tamu dan wisatawan.

Pembukaan festival museum nusantara sebagai pertanda dimulainya rangkaian kegiatan tersebut dilakukan oleh Deputi Menteri Pariwisata Suryo Yugo, mewakili menteri di museum Taman Mini. Acara pembukaan diisi dengan kegiatan pameran berbagai benda koleksi museum yang ada di TMII, aneka lomba anak, pentas seni murid-murid SD dan hiburan seni tradisional, serta peninjauan ke lima museum.

Museum yang dikunjungi adalah Museum Indonesia, Museum Penerangan, Pusat Peragaan Iptek, Museum Tradisional, dan Museum Bayt Al Qur’an.

~ oleh prafangga pada Januari 11, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: